Home » Gaya Hidup » Main Ponsel Sambil Tiduran Bisa Memberikan Dampak Negarif Bagi Tubuh

Main Ponsel Sambil Tiduran Bisa Memberikan Dampak Negarif Bagi Tubuh



Jakarta – Kebanyakan orang akan mencari ponsel begitu pertama kali membuka matanya di pagi hari. Begitu juga ketika akan tidur. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk mengecek jejaring sosial. membalas chat dari teman, atau alasan apapun yang membuat manusia modern tidak bisa jauh dari ponsel.

Main Ponsel Sambil Tiduran Bisa Memberikan Dampak Negarif Bagi Tubuh

Tetapi apakah Anda menuadari jika pemakaian ponsel beberapa saat sebelu tidur dalam posisi terbaring mempunya dampak buruk?

Dalam sebuah penelitian terungkap jika Anda berkutat dengan ponsel satu jam sebelum tidur ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan tubuh dalam waktu jangka panjang. Karena otak akan kehilangan daya merekam memori diakibatkan gangguan tidur tadi.

Tidak hanya itu, kebiasaan mengutak-atik ponsel pada malam hari juga akan berdampak buruk pada kualitas tidur sehingga Anda akan bangun dengan konsentrasi yang kurang prima keesokan harinya.

Perlu Anda ketahui jika layar ponsel diciptakan dengan cahaya biru yang sangat terang guna mempermudah penglihatan Anda ketika berada di bawah cahaya matahari yang terang. Para peneliti menyatakan jika cahaya biru ini dapat merusak dan menyebabkan katarak dalam jangka waktu panjang.

Tanpa Anda sempat sadari, otak akan merekam cahaya biru ini sehingga menghadirkan kesan seakan-akan waktu masih terang padahal sudah beranjak malam sehingga kondisi tubuh tidak mendukung secara baik untuk memejamkan mata untuk tidur.

Jika kebiasaan seperti ini terus berulang maka akan menganggu jam tidur, secara otomatis akan mempengaruhi proses detoksifikasi tubuh terhadap racun. Meskipun susah, ada baiknya jika Anda mulai mengubah kebiasaan berkutat dengan ponsel dalam kondisi tiduran pada malam hari. Semoga info yang Sisi Dunia lansir dari berbagai sumber ini bermanfaat bagi Anda (Minggu, 27/12/2015). (Yayan – sisidunia.com)