Home » News » Inilah Tantangan dari Presiden Jokowi untuk Seluruh Kepala Desa

Inilah Tantangan dari Presiden Jokowi untuk Seluruh Kepala Desa



Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada perangkat desa di seluruh wilayah di Indonesia untuk mengedepankan transparansi dalam pengelolaan dana desa. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pihak yang mengkhawatirkan terjadinya penyimpangan dalam penggunaan dana yang jumlahnya bisa mencapai miliaran rupiah tersebut.
Inilah Tantangan dari Presiden Jokowi untuk Seluruh Kepala Desa
Presiden pun mengatakan jika dana tersebut sudah digunakan dengan prosedur yang tepat dan dengan tujuan yang tepat pula, maka tidak ada alasan bagi perangkat desa untuk takut.

“Saya akan menyampaikan pada Kapolri jika terjadi kriminalisasi baik oleh kepolisian maupun kejaksaan terkait penggunaan dana desa,” ucap Presiden Jokowi kala membuka acara “Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (Apdesi)”, yang berlangsung di Asrama Haji Donohudan Boyolali Sabtu (26/12/2015) kemarin, sebagaimana dilansir dari merdeka.com (Minggu, 27/12/2015).

Selain menghimbau penerapan transparansi, Presiden Jokowi juga menantang Kepala Desa dan jajarannya untuk menggerakkan padat karya dalam penggunaan dana desa tersebut. Sebab, tren-tren yang terjadi kemarin menunjukkan bahwa meskipun dana telah dialirkan ke desa, namun penggunaannya masih berputar di kawasan kota saja.

“Uang sebesar itu jangan sampai hanya mampir ke desa, kemudian kembali lagi berputar di kota. Saya tantang, kepala desa mampu menggerakkan padat karya di desa,” lanjut Presiden.

Berbicara di depan sekitar 1500 perangkat desa se-Indonesia, Presiden mengungkapkan bahwa rata-rata pada tahun 2015 ini, setiap desa menerima dana sebesar Rp 600 juta hingga Rp 800 juta.

“Dengan dana sebesar itu saya minta kepala desa membuat kegiatan yang membuat uang itu produktif. Pembangunan infrastruktur yang swakelola dan padat karya harus menjadi prioritas,” tegas Presiden. (Deni Suroyo – sisidunia.com)