Home » Travel & Kuliner » Bukan Pembersih, Suku Sasak Gunakan Kotoran Kerbau Untuk Mengepel Lantai

Bukan Pembersih, Suku Sasak Gunakan Kotoran Kerbau Untuk Mengepel Lantai



Mataram – Indonesia memang memiliki berbagai macam suku serta kebudayaannya yang unik. Tak sedikit juga beberapa suku masih tetap mempertahankan kehidupan aslinya, yang bisa dibilang jauh dari kata modern. Salah satunya adalah Suku Sasak yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Bukan Pembersih, Suku Sasak Gunakan Kotoran Kerbau Untuk Mengepel Lantai

Suku Sasak ini masih mempertahankan gaya hidupnya sejak nenek moyangnya terdahulu. Hal ini terlihat dari rumah adat Suku Sasak yang disebut dengan Bale Tani. Di sini, semua rumah Suku Sasak masih beratapkan rumbia, berdinding anyaman bambu.

Rumah adat Sasak pada bagian atapnya berbentuk seperti gunungan. Ruangannya dibagi menjadi inan bale (ruang induk), bale luar (kamar tidur) dan bale dalem yang sering digunakan untuk menyimpan harta benda, ruang ibu untuk melahirkan atau tempat menyemayamkan jenazah sebelum dimakamkan.

Akan tetapi, ada satu hal unik yang mungkin anda belum ketahui. Suku Sasak selalu membersihkan lantai rumahnya dengan kotoran kerbau.

“Uniknya, karena dibuat dari kotoran kerbau, saat musim hujan rumah jadi terasa hangat. Sebaliknya, saat musim panas rumah terasa adem. Nyamuk-nyamuk juga hilang,” jelas pemandu wisata saat dijumpai oleh awak media.

Setelah membersihkan lantai dengan kotoran kerbau, penduduk setempat terkadang mencampurkan kembang sepatu dan tanah liat untuk menghilangkan bau dari kotoran kerbau.
(Arman – sisidunia.com)