Home » Ekonomi & Bisnis » Presiden Jokowi Rencanakan Pertumbuhan Ekonomi 5,3 persen Pada 2016

Presiden Jokowi Rencanakan Pertumbuhan Ekonomi 5,3 persen Pada 2016



Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sidang kabinet paripurna pada Rabu (23/12/2015) bertempat di Kantor Presiden, Jakarta. Dalam kesempatan itu, presiden mengingatkan tantangan baru yang akan dihadapi pada 2016. Ia juga menyatakan jika hal-hal mendasar telah disiapkan sepanjang 2015.

Presiden Jokowi Rencanakan Pertumbuhan Ekonomi 5,3 persen Pada 2016

“Tahun ini pemerintah telah membangun fondasi yang kuat dalam politik anggaran. Pemerintah juga telah mengalihkan subsidi bahan bakar minyak untuk program yang bermanfaat bagi rakyat. Yang tidak kalah penting, pemerintah telah mengubah haluan pembangunan menjadi Indonesia sentris, bukan Jawa sentris, yaitu memulai pembangunan dari daerah terdepan dan tertinggal,” ujar Jokowi.

Menurutnya, Indonesia sudah menghadapi berbagai macam dampak perlambatan ekonomi dunia seperti harga komoditas yang turun, kebakaran hutan dan lahan gambut, serta nilai tukar rupiah yang merosot di tahun 2015.

Presiden pun telah memerintahkan agar anggaran ang didelegasikan ke kementerian dan lembaga negara segera direalisasikan pada awal 2016 untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi tersebut.

“Sekali lagi saya minta para menteri, terutama yang mendapatkan alokasi dana besar dari APBN, harus mempercepat penyerapan anggaran di awal 2016 untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi 2016 berada pada kondisi yang sesuai dengan yang kita rencanakan, sekitar 5,3 persen,” tegas presiden. (Yayan – sisidunia.com)