sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Jokowi Beri Nasehat Jelang MEA 31 Desember 2015

Jokowi Beri Nasehat Jelang MEA 31 Desember 2015



Boyolali – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi nasehat guna mempersiapkan diri jelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Jokowi Beri Nasehat Jelang MEA 31 Desember 2015

“Lima hari lagi kita sudah masuk 2016, yang artinya akan ada persaingan sebelas negara ASEAN yang kita tidak tahu persaingannya seberat apa, karena batas negara sudah tidak ada,” ujar Jokowi di hadapan sekitar 1.500 peserta, saat Silaturahim Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Indonesia di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, seperti dilansir dari Antara (Sabtu, 26/12/2015).

Menurutnya, masih banyak lapisan masyarakat dan pelaku bisnis yang tidak menyadari pembukaan MEA. Presiden juga menambahkan jika kita tidak perlu tekut dengan pemberlakuan MEA pada 31 Desember 2015. Seharusnya negara lain lah yang takut akan kebanjiran produk dan tenaga kerja asal Indonesia.

“Yang perlu saya ingatkan bahwa mereka saja takut pada kita. Kok kita ikutan takut. Jangan takut, jangan khawatir. Harus persiapkan diri, apa yang kurang dan perlu diperbaiki,” ujar presiden dalam acara yang juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan bahwa selain MEA, masih ada lagi kemitraan perdagangan yang disebut trans pasifik (TPP), dan Perjanjian Perdagangan Bebas dengan Uni Eropa yang akan berlaku dua tahun mendatang.

“Kalau kita tidak gabung, barang ekspor kita akan dikenakan pajak 15-20 persen, kita bisa jualan apa?” tanya Jokowi. (Yayan – sisidunia.com)