sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Techno » Memotret Ornamen Goa Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan

Memotret Ornamen Goa Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan



Jakarta – Bersyukurlah Anda yang tinggal di negeri seperti Indonesia yang dipenuhi oleh bentang alam berupa batuan kapur atau karst menyimpan potensi wisata goa.

Memotret Ornamen Goa Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan

Ornamen-ornamen goa seperti stalagmit, stalaktit, pilar, flowstone, gordham, dan ornamen lain tersebut sangat menarik untuk didokumentasikan.

Akhmad Zona Adiardi selaku Anggota organisasi pencinta goa Acintyacunyata Speleogical Club (ASC) sekaligus seorang fotografer membagikan tips memotret ornamen goa terutama bagi Anda yang masih pemula (Kamis, 24/12/2015). Berikut tipsnya:

Tripod

Ketika memotret di dalam gua, tripod sangat dibutuhkan untuk menjaga gambar tetap fokus. Penggunaan kecepatan rana yang lambat memerlukan tripod sebagai penahan kamera, sebab rawan gagal karena guncangan.

Prosedur keamanan

Ketika bergiat dalam goa, wisatawan pemula biasanya belum mengerti standar keamanan. Berbagai perlengkapan wajib digunakan ketika berwisata dalam goa.

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah memakai helm untuk melindungi kepala dari benturan, headlamp untuk penerangan selama di dalam goa, dan sepatu untuk melindungi kaki dari batu-batu tajam.

Pemandu wisata

Wisatawan pemula disarankan untuk menggunakan pemandu wisata ketika mengunjungi goa. Pemandu wisata akan mengingatkan untuk menjaga keamanan ketika bergiat di dalam goa. Pemandu wisata juga bisa berguna untuk merekomendasikan titik-titik bagus untuk berfoto.

Perlengkapan anti air

Ketika ingin memotret di dalam goa, perlengkapan yang penting untuk dibawa adalah tas anti air (drybag). Drybag berfungsi untuk melindungi kamera dan barang elektronik dari tetesan air dari stalaktit.

Drybag juga bisa berfungsi untuk melindungi kamera dari benturan langsung dengan ornamen-ornamen goa. (Yayan – sisidunia.com)