Home » News » Jelang Malam Tahun Baru, Polda Jabar Keluarkan Larangan Petasan dan Kembang Api

Jelang Malam Tahun Baru, Polda Jabar Keluarkan Larangan Petasan dan Kembang Api



Bandung – Malam tahun baru sangat akrab dengan keriuhan kembang api dan petasan. Namun demikian, agaknya hal tersebut bakal semakin jarang terlihat di wilayah Jawa Barat.
Jelang Malam Tahun Baru, Polda Jabar Keluarkan Larangan Petasan dan Kembang Api
Pasalnya, Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol M Taufik, telah mengeluarkan larangan penggunaan kembang api dan petasan untuk merayakan detik-detik pergantian tahun tersebut.

“Kami razia bukan hanya tempat distribusi dan peredaran tapi pusat pembuatannya seperti di Parung. Kalaupun memang ada yang mau merayakan dengan kembang api harus minta izin dan kami tidak akan berikan izin,” terang Taufik, didampingi Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, di Markas Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Kamis (24/12/2015) kemarin.

Taufik melanjutkan bahwa Polda Jabar telah mengumpulkan pengusaha tempat hiburan dan hotel di seluruh Jabar terkait pelarangan tersebut. Pihaknya telah menghimbau agar tempat-tempat hiburan dan hotel tersebut tidak merayakan pergantian tahun dengan hingar bingar, pesta pora, dan menyalakan kembang api atau petasan. Menurut Taufik, malam pergantian baru hendaknya dirayakan dengan sederhan, tertib, dan aman.

“Kita harus syukuri apa yang terjadi pada 2015 dan sambut 2016 dengan semangat,” tutur Taufik.

Taufik juga menyinggung masalah konsumsi minuman keras dalam perayaan tersebut. Anggotanya telah berupaya mengurangi peredaran minuman memabukkan tersebut, terutama sekali yang berjenis oplosan.

“Sudah ada contoh korban yang sudah meninggal, sepertinya juga tidak ada efek jeranya buat masyarayat khususnya pengguna. Mereka tidak memahami bahwa miras oplosan itu berbahaya,” tandasnya lagi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)