sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Warga Madura Rayakan Maulid Nabi Dengan Tradisi Lempar Uang

Warga Madura Rayakan Maulid Nabi Dengan Tradisi Lempar Uang



Bangkalan – Menyambut Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW atau lebih sering disebut Maulid Nabi, berbagai cara dilakukan masyarakat Muslim Indonesia untuk merayakannya. Salah satu cara yang terbilang unik dilakukan oleh masyarakat Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Warga Madura Rayakan Maulid Nabi Dengan Tradisi Lempar Uang

Warga Madura Rayakan Maulid Nabi Dengan Tradisi Lempar Uang

Berdasarkan pantauan tim SisiDunia, Kamis (24/12/2015), tradisi unik ini pada dasarnya merupakan bersedekah, namun cara bersedekah yang dilakukan warga Kampung Sogeh, Desa Ba’engas, Kecamatan Labang, Bangkalan ini bisa digolongkan nyeleneh. Pasalnya mereka bersedekah dengan cara melemparkan uang receh, otomatis warga harus berebut untuk mendapat uang receh.

Tradisi unik ini dilakukan setiap tanggal 11 Rabiul Awal untuk menyambut Maulid Nabi yang jatuh pada 12 Rabiul Awal. Uniknya lagi, warga yang berebut uang receh ini tak hanya warga yang kurang mampu, makanya tradisi ini berlangsung sangat meriah.

Mulai dari anak kecil hingga orang tua terlihat antusias merayakan tradisi tersebut. Bukan karena nominalnya, namun lebih karena keinginan untuk mempertahankan tradisi.


Baca juga:

MUI Berikan Syarat Saat Umat Muslim Ucapkan kata-kata Selamat Natal

Ustadz Arip Digerebek Densus 88 Karena Diduga Terkait Aksi Teror

Menurut salah seorang tokoh pemuda setempat, Achmad Rosyid, tradisi lempar uang receh ini dilakukan secara bergiliran dari satu rumah ke rumah warga lainnya. Ia pun berharap tradisi ini dapat terus dipertahankan. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)