Home » News » Jokowi Dukung Keinginan Ahok Untuk Usir Metromini Dari DKI Jakarta

Jokowi Dukung Keinginan Ahok Untuk Usir Metromini Dari DKI Jakarta



Jakarta – Belakangan ini kinerja angkutan umum Metromini kembali menjadi sorotan publik. Kondisi bus yang sudah tua hingga aksi ugal-ugalan sopir yang sering menimbulkan kecelakaan membuat banyak pihak meminta agar bus yang identik dengan warna oranye-biru.

Jokowi Dukung Keinginan Ahok Untuk Usir Metromini Dari DKI Jakarta

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim SisiDunia, Kamis (24/12/2015), belum lama ini Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengutarakan niatannya untuk membubarkan Metromini. Alasan utamanya karena Metromini dianggap tidak memiliki manajemen yang mumpuni dan sering menjadi penyebab kecelakaan di jalan.

Niat Ahok untuk membubarkan armada Metromini disambut baik oleh masyarakat Jakarta, namun sopir Metromini menyatakan penolakan dan sempat menggelar aksi mogok.

Ternyata sikap Ahok yang getol membubarkan Metromini mendapat dukungan sikap dari Presiden Joko Widodo. Menurut Jokowi, Metromini yang aktif berkeliaran di Jakarta kurang mengutamakan keselamatan penumpang. Apalagi armada Metromini dari zaman dulu hingga sekarang tidak pernah dilakukan peremajaan, belum lagi ditambah kelakuan sopir Metromini yang suka ugal-ugalan di jalan.

“Sudah jadi tugas kita bersama untuk menghadirkan transportasi publik yang masyarakat ingin gunakan, bukannya transportasi publik yang terpaksa mereka gunakan,” ungkap Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/12/2015).

Jokowi juga berbagi kisahnya saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Saat itu dirinya sempat sidak Metromini dan hasilnya sangat mengkhawatirkan, mulai dari speedometer yang mati hingga rem yang masih harus dipompa lebih dulu. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)