Home » News » Angkutan Umum Kini Tak Bisa Lagi Naikkan Tarif Seenaknya Sendiri

Angkutan Umum Kini Tak Bisa Lagi Naikkan Tarif Seenaknya Sendiri



Jakarta – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2016, beserta liburan yang menyertainya, Pemerintah Indonesia telah mewanti-wanti jasa angkutan umum darat, laut, maupun udara untuk tidak menaikkan tarif seenaknya sendiri.
Angkutan Umum Kini Tak Bisa Lagi Naikkan Tarif Seenaknya Sendiri
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan telah memberikan batas kewajaran dalam penentuan tarif jasa transportasi umum. Meski demikian, ia tak mau membocorkan detail tentang opatokan tarif tersebut.

“Tarif itu ada batasnya. Ada batas bawah dan batas atas. Itu saja. Jadi, tidak boleh melebihi batas atasnya,” ungkap Jonan kepada awak media ketika dijumpai di Kompleks BI, Jakarta, Rabu (23/12/2015) pagi tadi.


Baca juga

Unik, Cara Membuat Pohon Natal dari Petai dan Sendok Bekas

Presiden Jokowi Pastikan Akan Hadiri Perayaan Natal Di Kupang

Jonan pun menegaskan bahwa pemerintah tidak akan segan untuk memberikan sanksi tegas kepada jasa angkutan umum yang secara sengaja menaikkan tarif diluar batas, dan tanpa sepengetahuan dari Kemenhub.

“Kalau ada yang melebihi, akan kami berikan sanksi,” jelas Jonan Singkat.

Jonan pun mengatakan bahwa kondisi tarif transportasi umum nasional masih terbilang aman dan proporsional. Belum ada tanda-tanda peningkatan yang “membahayakan” konsumen. (Deni Suroyo – sisidunia.com)