Home » News » Warga Muslim Kenya Kompak Lindungi Warga Kristen Dari serangan Militan

Warga Muslim Kenya Kompak Lindungi Warga Kristen Dari serangan Militan



Mandera – Aksi teror yang dilakukan kelompok militan Al-Shahab kembali terjadi di Kenya. Namun dalam aksinya kali ini mereka dibuat kesulitan, pasalnya para warga Muslim Kenya kompak melindungi warga Kristen dari serangan kelompok militan yang berasal dari Somalia tersebut.

Warga Muslim Kenya Kompak Lindungi Warga Kristen Dari serangan Militan

Seperti dilansir dari AP, Selasa (22/12/2015), kelompok militan Al-Shahab dikabarkan menyerang sebuah bus berisi 60 penumpang yang sedang melakukan perjalanan dari Ibu Kota Nairobi. Bus itu dihentikan ketika melintas di kawasan Mandera. Militan bersenjata lengkap itu tiba-tiba menyergap bus itu, kemudian memerintahkan semua penumpang turun dan meminta membuat dua kelompok berdasarkan agama.

Para penumpang Muslim menolak perintah militan Al-Shabab untuk memisahkan diri dari penumpang Kristen. Hal tersebut membuat militan Al-Shabab sulit mengidentifikasi mereka berdasarkan agama. Namun, dalam serangan di bus di Mandera County itu dikabarkan dua orang dinyatakan tewas.

Kelompok teroris asal Somalia tersebut belum mengaku bertanggung jawab atas penyergapan bus tersebut. Namun, warga Kenya meyakini bahwa teror ini merupakan perbuatan kelompok militan Al-Shahab.

Sebelum ini juga sempat terjadi kasus serupa pada Desember 2014 di Koromei, Mandera. Kala itu kelompok militan Al-Shahab menembak mati 36 warga non-muslim, setelah memisahkan warga berdasarkan agama. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)