sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Tradisi Unik, Warga Peru Justru Adu Pukul Saat Rayakan Natal

Tradisi Unik, Warga Peru Justru Adu Pukul Saat Rayakan Natal



Santo Thomas – Jika awamnya Hari Natal dirayakan dengan bertukar kado atau berkumpul bersama keluarga, Peru memiliki cara yang nyeleneh untuk merayakan hari raya umat Kristen tersebut. Di sebuah kota bernama Santo Thomas, masyarakat memperingati datangnya Natal dengan menggelar “Festival Takanakuy”.
Tradisi Unik, Warga Peru Justru Adu Pukul Saat Rayakan Natal
Seperti dilansir dari BBC (Selasa, 22/12/2015), Festival Takanakuy merupakan festival adu tinju antar komunitas. Acara ini diselenggarakan tepat pada tanggal 25 Desember.

Dalam bahasa setempat, takanakuy bisa diartikan dengan “ketika darah mendidih”. Belum jelas kapan Festival Takanakuy tersebut pertama kali dilakukan. Hanya saja, Kota Santo Thomas dipercaya sebagai kota asal tradisi unik tersebut.
Tradisi Unik, Warga Peru Justru Adu Pukul Saat Rayakan Natal
Dalam festival ini, peserta yang hendak bertinju tidak diperbolehkan menggunakan senjata apapaun, alias tangan kosong. Peraturan yang berlaku pun kurang lebih serupa dengan tinju pada umumnya. Bagi yang melanggar atau berbuat curang, maka ia akan mendapatkan hukum cambuk. Wasit bertugas untuk menjaga agar kedua peserta bisa bertarung secara aman dan sportif.
Tradisi Unik, Warga Peru Justru Adu Pukul Saat Rayakan Natal
Adapun maksud diadakannya Festival Takanakuy ini secara garis besar adalah untuk menyelesaikan konflik atau perseteruan yang pernah terjadi di antara dua orang, baik pria maupun wanita. Harapannya, ketika mereka sudah “berukar tinju” dan sudah babak belur satu sama lainnya, maka dendam, konflik, atau perseteruan tersebut akan selesai dan keduanya menjadi berdamai. (Deni Suroyo – sisidunia.com)