Home » News » Mengapa Tarif Gojek Bisa Lebih Murah Dibanding Ojek Pangkalan ?

Mengapa Tarif Gojek Bisa Lebih Murah Dibanding Ojek Pangkalan ?



Jakarta – Sebagian dari kita mungkin bingung dengan tarif ojek online, Go-Jek yang tarifnya jauh lebih murah dibandingkan angkutan lain atau ojek pada umumnya. Hal ini juga menjadi pertanyaan bagi masyarakat umum.

Mengapa Tarif Gojek Bisa Lebih Murah Dibanding Ojek Pangkalan ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU), Chief Executive Officer (CEO) Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim, menjelaskan rahasia model bisnisnya yang dapat menerapkan tarif murah dan bisa diterima oleh kalangan masyarakat.

Menurut Nadiem, bisnis Go-Jek ini sebelumnya telah berjalan bersama provider jasa lainnya, seperti bisnis pijat, restoran dan sebagainya. Sehingga banyaknya pemain dalam bisnis ini, menjadikan persaingan lebih baik dan pada akhirnya bisa menekan harga menjadi lebih rendah.

“Mereka ini berbisnis bukan hanya ojek, tapi untuk pijat, makanan, dan lain-lain. Dengan semakin banyak pemain di industri ini persaingan menjadi baik. Persaingan yang baik itu membuat harga menjadi rendah,” teranganya saat diwawancarai di Gedung KPPU, Jakarta, Senin (21/12/2015).

Ketua KPPU Syarkawi juga menambahkan, bisnis Go-Jek ini juga membantu para tukang ojek yang sebelumnya bekerja di sektor informal menjadi lebih teroganisir. Sehingga, faktor keamanan dan kenyamanan menjadi lebih terjamin.

Para tukang ojek yang telah menjadi driver Go-Jek itu nantinya juga diuntungkan lantaran basis konsumen mereka diperluas dengan aplikasi online. Jika sebelumnya mereka hanya mendapat konsumen dua sampai tiga orang per hari, dengan aplikasi Go-Jek mereka bisa mendapatkan lebih.
(Arman – sisidunia.com)