Home » Travel & Kuliner » Kawah Ijen, Salah Satu Wisata Terpopuler di Banyuwangi

Kawah Ijen, Salah Satu Wisata Terpopuler di Banyuwangi



Banyuwangi – Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini sangat sering disinggahi para pelancong karena berseberangan dengan Pulau Bali.
Kawah Ijen, Salah Satu Wisata Terpopuler di Banyuwangi
Selain memiliki pelabuhan yang bisa mengantarkan kita menyeberang ke Pulau Dewata, ternyata Banyuwangi memiliki keindahan alam dan destinasi wisata yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang terkenal adalah Kawa Ijen.

Kawah Ijen merupakan sebuah danau yang terbentuk di bekas letusan Gunung Ijen. kawah tersebut berwarna kehijauan, dan merupakan kawah terbesar yang berada di Pulau Jawa.

Kawah Ijen memiliki ketinggian sekitar 2,443 meter dan kedalaman sekitar 200 meter.

Selain sensasi mendaki jalan setapak menuju lokasi kawah dan pemandangan alam yang sangat indah di sekitar Gunung Ijen, satu atraksi yang paling dicari di kawasan ini adalah fenomena api biru (blue fire). Fenomena ini hanya ada dua di dunia, dan salah satunya tentu berada di Kawa Ijen.

Berdasarkan pengalaman redaksi Sisi Dunia (Minggu 20/12/2015), untuk bisa melihat keindahan Kawah Ijen, anda harus mendaki jalan setapak yang telah dibuat oleh masyarakat setempat sepanjang 3 km menuju puncak Gunung Ijen. jalan setapak ini memang sengaja dibuat untuk membantu warga mengangkut belerang yang didapat di sekitar kawah.

Bila anda ingin melihat api biru tadi, maka anda harus memulai “pendakian” pada sekitar pukul 01.00-02.00 dini hari. Hal tersebut perlu dilakukan agar ketika sampai di lokasi kawah, waktu masih menunjukkan sekitar pukul 03.00-04.00, dan anda masih sempat melihat api biru tadi di tengah redupnya cahaya matahari di kala subuh.
Kawah Ijen, Salah Satu Wisata Terpopuler di Banyuwangi
Api biru tersebut memang relatif redup, dan hanya bisa terlihat di malam hari atau paling tidak, pada saat subuh sebelum matahari muncul dari ufuk timur. (Deni Suroyo – sisidunia.com)