Home » News » Iran akan Kirim 9 Ton Uranium yang Diperkaya ke Rusia

Iran akan Kirim 9 Ton Uranium yang Diperkaya ke Rusia



Teheran – Isu pengayaan dan penimbunan nuklir yang dilakukan Iran telah memasuki babak baru. Iran dikabarkan akan segera mengekspor sebagian besar uranium yang telah diperkaya (enriched uranium) ke Rusia dalam waktu dekat ini.
Iran akan Kirim 9 Ton Uranium yang Diperkaya ke Rusia
Pengiriman uranium ke Rusia tersebut merupakan bagian dari program pengurangan jumlah uranium yang dimiliki Iran, menyusul pencabutan sanksi internasional terhadap Teheran. Sesuai kesepakatan nuklir yang telah dicapai Iran dan negara-negara Barat, Iran harus bersedia untuk mengurangi jumlah nuklir yang telah dikembangkannya, dengan balasan berupa dibukanya kerjasama ekonomi yang sempat terputus.

Adapun langkah ekspor uranium ini disampaikan oleh Kepala Nuklir Iran, Ali Akbar Salehi, pada Sabtu (19/12/2015) waktu setempat. Uranium yang telah diperkaya itu berpotensi tinggi untuk dijadikan sebagai senjata pemusnah massal.

Setelah tim pengawas dari PBB selesai memverifikasi program ekspor tersebut, barulah sanksi internasional terhadap Iran akan benar-benar dicabut. Dengan begitu, kondisi ekonomi Teheran pun diharapkan bisa terus membaik.

“Dalam beberapa hari ke depan sekitar sembilan ton uranium Iran yang diperkaya akan diekspor ke Rusia,” terang Salehi, sebagaimana disarikan dari kantor berita IRNA (Sabtu, 19/12/2015).

Salehi menjelaskan bahwa uranium tersebut akan diangkut keluar dari wilayah Iran menggunakan kapal menuju Rusia. Sebagai timbal baliknya, selain pencabutan sanksi internasional, Rusia juga akan memberikan senyawa uranium yang dinetralisir.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengungkapkan bahwa Iran sedang bekerja keras untuk melengkapi syarat-syarat pencabutan sanksi internasional dalam tempo dua sampai tiga pekan ke depan. (Deni Suroyo – sisidunia.com)