sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Studi, Anak Perempuan yang Paling Merasakan Dampak Perceraian Orang Tua

Studi, Anak Perempuan yang Paling Merasakan Dampak Perceraian Orang Tua



Jakarta – Perceraian yang terjadi pada orang tua tentunya akan sangat berdampak pada kondisi psikis si buah hati. Sebuah studi yang diterima redaksi Sisi Dunia pada (Sabtu, 19/12/2015) mengatakan bahwa efek negatif akibat perceraian orang tersebut akan lebih parah menimpa anak perempuan.
Studi, Anak Perempuan yang Paling Merasakan Dampak Perceraian Orang Tua
Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Illinois, Amerika Serikat, anak perempuan yang sempat mengalami perceraian orang tuanya di usia mereka yang masih muda akan menimbulkan depresi berat, lalu sikap-sikap negatif seperti merokok, kondisi kesehatan yang buruk, sampai pergaulan bebas yang tak jarang menjerumuskan mereka pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Depresi dan rasa frustrasi yang dialami anak perempuan tersebut juga akan berlangsung sampai ia dewasa.

“Ketika seorang ayah biologis meninggalkan anak perempuannya dalam usia yang sangat muda, 0-5 tahun, terdapat hubungan yang signifikan terhadap kesehatan anak perempuan yang memburuk, dibandingkan pada anak laki-laki,” terang Andrea Beller, Kepala Peneliti dari University of Illinois, Selasa (15/12/2015) lalu.

Adapun penelitian tersebut melibatkan 7.000 remaja AS yang terdata dalam The National Longitudinal Study of Adolescent. Para ilmuwan melakukan pemantauan selama 13 tahun (1996-2009) terhadap anak-anak berumur 15-18 tahun. Mereka pun mengumpulkan catatan kesehatan dari anak-anak tersebut, terutama ketika mereka berusia 0-5 tahun.

Disebutkan bahwa usia 6-10 tahun adalah usia paling rentan bagi anak untuk mengalami perceraian orang tuanya.


Baca juga

Moms, Ini yang Harus Dilakukan Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

Lucu, Para Ayah Ini Mau Lakukan Apapun Demi Kebahagiaan Sang Anak

Studi lainnya di Kanada pada tahun 2007 bahkan menyebutkan bahwa anak korban perceraian orang tua memiliki potensi untuk terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. (Deni Suroyo – sisidunia.com)