Home » Gaya Hidup » Awas, Pekerja yang Sering Lembur Beresiko Idap Stroke

Awas, Pekerja yang Sering Lembur Beresiko Idap Stroke



London – Sebuah studi terbaru mengatakan bahwa orang yang bekerja selama lebih dari 55 jam setiap pekannya memiliki resiko 33 persen untuk terkena serangan stroke. Resiko ini lebih besar dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan durasi “normal”, yakni sekitar 35-40 jam per pekan.
Awas, Pekerja yang Sering Lembur Beresiko Idap Stroke
Studi yang dipublikasikan dalam jurnal “The Lancet” tersebut juga mengatakan bahwa mereka yang sering lembur bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

Mika Kivimaki, peneliti dari University College London, Inggris, bersama rekan-rekannya menganalisa laporan mengenai pengaruh jam kerja terhadap resiko penyakit kardiovaskuler. Studi terbaru ini merupakan satu bentuk studi lanjutan yang memiliki kapasitas responden terbesar. Pasalnya, studi ini melibatkan sekitar 600 ribu responden dari kawasan Eropa, Amerika, dan Australia.

Dan dari hasil yang sampai ke meja redaksi Sisi Dunia (Sabtu, 19/12/2015), riset tersebut telah mengkonfirmasi bahwa jam kerja panjang yang dialami oleh seseorang, yakni dari pagi sekali hingga malam sekali, ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, kematian mendadak akibat stroke juga sering dipicu oleh kelelaha dan tekanan pikiran akibat pekerjaan.

“Kondisi ini adalah hasil respons terhadap stres yang berulang-ulang,” ujar peneliti dalam hasil studi tersebut. (Deni Suroyo – sisidunia.com)