Home » News » Selama 2015, KPK Berhasil Menyelamatkan Uang Negara Sebesar Rp 198 Miliar

Selama 2015, KPK Berhasil Menyelamatkan Uang Negara Sebesar Rp 198 Miliar



Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menunjukkan kinerja yang cukup impresif di speanjang tahun 2015 ini. Lembaga tersebut bahkan dilaporkan telah berhasil menyelamatkan uang negara hingga sebesar Rp 198 miliar.
Selama 2015, KPK Berhasil Menyelamatkan Uang Negara Sebesar Rp 198 Miliar
Nilai sebesar itu didapatkan KPK dari lima operasi tangkap tangan dalam sejumlah kasus. Untuk mengungkap kasus-kasus tersebut, KPK juga berkoordinasi dengan aparat penegak hukum.

“Kami melakukan apa yang dinamakan operasi tangkap tangan. Kami sangat terbatas dengan jumlah penyidik. Sepanjang 2015 ini kami melakukan OTT sebanyak lima kali. Itu melibatkan hakim, advokat, DPR, DPRD, dan swasta,” ungkap Plt Pimpinan KPK, Indriyanto Seno Adji, kepada awak media, Selasa (15/12/2015) kemarin.

Indriyanto menambahkan bahwa KPK juga sukses menyelesaikan beberapa perkara yang semula dalam tahap penyidikan, hingga akhirnay berkekuatan hukum tetap di tahun 2015 ini. Meski demikian, Indriyanto mengakui masih banyak kasus yang sedang “stuck” atau buntu dan masih saja berkutat di tingkat penyelidikan dan penyidikan.

“Mengenai penanganan yang dilakukan oleh kami KPK 2015 sekitar 84 kasus untuk lidik penyelidikan, 99 penyidikan, 91 penuntutan, dan inkracht 33 eksekusi terhadap putusan. Sepanjang tahun ini telah menyetorkan Rp 198 miliar ke negara,” tandasnya lagi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)