Home » Travel & Kuliner » Indonesia Kini Menjadi Destinasi Favorit Bagi Pemilik Kapal Pesiar

Indonesia Kini Menjadi Destinasi Favorit Bagi Pemilik Kapal Pesiar



Jakarta – Pemerintah Indonesia memiliki target kunjungan wisatawan asing sebanyak 20 juta orang pada tahuj 2015 ini. Untuk mencapai target tersebut, beragam kemudahan administrasi pun diberlakukan agar para turis tersebut bisa dnegan aman dan nyaman memasuki wilayah Indonesia.
Indonesia Kini Menjadi Destinasi Favorit Bagi Pemilik Kapal Pesiar
Salah satu peraturan terkait pariwisata yang belum lama ini dikeluarkan pemerintah adalah Peraturan Menteri Perhubungan No 121 tahun 2015 tentang pemberian kemudahan bagi wisatawan yang akan masuk ke wilayah Indonesia dengan menggunakan kapal pesiar (cruiseship) berbendera asing.

Sejak aturan baru tersebut keluar pada 20 Agustus 2015 lalu, Kementerian Perhubungan pun dihujani banyak pertanyaan dari para pemilik atau operator kapal pesiar di dunia.

“Semua operator kapal pesiar dunia sudah menghubungi saya, mereka menanyakan kepastian dan kejelasan aturan tersebut, dan mereka ingin masuk ke Indonesia,” ujar Direktur Jendral Perhubungan Laut, Bobby M Mamahit, kepada awak media di kantornya, Rabu (30/9/2015) lalu.

Boby menjelaskan bahwa saat ini ada enam sampai tujuh operator kapal pesiar terbesar di dunia. Setelah mendengar adanya Peraturan Menteri Perhubungan No 121 tahun 2015 tadi, para operator tersebut langsung menyatakan minatnya untuk membuka rute perjalanan ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia.

Boby pun telah meminta para operator tersebut untuk segera mempersiapkan dan membuka paket perjalanan tersebut.

“Mungkin saat ini mereka sedang tentukan paket-paketnya ke mana saja dan harganya berapa, yang jelas kita sudah persilahkan mereka untuk datang ke Indonesia,” tandasnya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)