sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Fadli Zon Tuding Sudirman Said Sebagai Pemburu Rente yang Sebenarnya

Fadli Zon Tuding Sudirman Said Sebagai Pemburu Rente yang Sebenarnya



Jakarta – Wacana pembentukan panitia khusus (pansus) PT Freeport Indonesia semakin santer terdengar. Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, menilai bahwa pembentukan pansus tersebut sangat berguna untuk menyelidiki ada tidaknya pelanggaran atas undang-undang, khususnya UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba), terkait aktivitas dan perundingan kontrak dari perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.
Fadli Zon Tuding Sudirman Said Sebagai Pemburu Rente yang Sebenarnya
Lebih jauh, Fadli menilai bahwa Freeport telah memiliki semacam kekuatan yang berlebihan di Indonesia. Melalui lobi-lobi yang mereka lakukan, Freeport seakan bisa memaksa pemerintah untuk melanggar aturan yang telah ditetapkannya sendiri, agar Freeport bisa tetap beroperasi di Tanah Air.

“Kalau ini (PT Freeport Indonesia) di AS, perusahaan itu langsung ditutup,” uajr Fadli dalam sebuah acara diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (12/12/2015).

Fadli melanjutkan bahwa sebenarnya, UU Minerba tidak memperbolehkan adanya lobi dari perusahaan tambang, tak terkecuali Freeport, setelah tahun 2010. Namun demikian, Menteri ESDM Sudirman Said telah beberapa kali menanggapi lobi dari perusahaan tersebut.

Selain itu, Sudirman juga telah mengeluarkan “surat sakti” kepada bos FreeportMcMoran, Jim Bob, pada 7 Oktober 2015 lalu. Dari surat ini, Freeport pun dengan santainya mengumumkan di website mereka bahwa Pemerintah Indonesia telah memberikan lampu hijau terkait kontrak kerja mereka setelah tahun 2021.

“Menteri ESDM jelas melanggar Undang-Undang, merugikan keuangan negara. Freeport boleh mengekspor konsentrat. Kenapa hanya Freeport yang boleh? Freeport boleh ekspor konsentrat. Jadi, sebenarnya pemburu rente sebenarnya ya dia (Sudirman Said),” ketus Fadli. (Deni Suroyo – sisidunia.com)