sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Awas, Kurang Tidur Bisa Picu Penyakit Diabetes

Awas, Kurang Tidur Bisa Picu Penyakit Diabetes



Jakarta – Banyak yang mengatakan bahwa seseorang bisa terkena penyakit diabetes karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis, atau karena adanya faktor keturunan. Namun sedikit yang menyadari bahwa penyakit ini bisa juga terpicu akibat kekurangan tidur.
Awas, Kurang Tidur Bisa Picu Penyakit Diabetes
Kekurangan tidur, yang disebabkan karena kesibukan kerja dan lain-lain, memang diketahui bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Tak hanya diabetes, penyakit-penyakit lainnya bisa menghampiri tubuh kita bila pola tidur tidak dijaga dengan baik.

Seperti dilansir dari Prevention, beberapa penyakit yang bisa timbul akibat kekurangan tidur antara lain:

Osteoporosis

Tidur kurang dari enam jam sehari ternyata bisa mengurangi kepadatan tulang. Hal ini bila dibiarkan maka akan memicu twerjadinya oteoporosis. Tulang menjadi rapuh, lemah, dan bahkan mudah patah.

Diabetes

Sebuah studi kesehatan di tahun 2011 menyebutkan bahwa kekurangan tidur bisa mengakibatkan peningkatan kadar glukosa dalam darah hingga 10 persen.

Kanker payudara

Beberapa perempuan berusia 40 sampai 79 tahun yang memiliki jam tidur kurang dari enam jam setiap harinya ternyata memiliki potensi lebih besar terkena kanker payudara. Hal tersebut berkaitan dengan tumbuhnya polip kolorektal akibat kurangnya jam istirahat tubuh. Hal itulah yang akan memicu pembentukan sel kanker di dalam payudara.

(Deni Suroyo – sisidunia.com)