sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Menteri Susi Kecewa Yusril Ihza Mahendra Menjadi Pembela Pelaku Illegal Fishing

Menteri Susi Kecewa Yusril Ihza Mahendra Menjadi Pembela Pelaku Illegal Fishing



Jakarta – Agustus 2015 silam, Kapal Silver Sea (SS-2) berbendera Thailand ditangkap di 80 mil perairan Sabang karena diduga melakukan kegiatan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing. Terkait hal tersebut, kini sang nahkoda kapal, Yotin Kuarabiab, melayangkan gugatan dengan menggandeng Ahli Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra.

Menteri Susi Kecewa Yusril Ihza Mahendra Menjadi Pembela Pelaku Ilegal Fishing

Di lain sisi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyayangkan pengacara sekaligus tokoh negara seperti Yusril Ihza Mahendra menjadi pengacara pelaku IUU Fishing tersebut.

“Sangat menyayangkan tokoh nasional sekaliber beliau membela pelaku IUU Fishing,” ujar Menteri Susi. Ia pun dengan tegas mengatakan bahwa negara siap menghadapi gugatan Yotin Kuarabiab tersebut.

Susi menjelaskan, kapal SS-2 telah melakukan alih muatan ikan dari 3 kapal yang lebih dulu telah melakukan illegal fishing pada 14 Juli 2015. Selanjutnya pada 12 Agustus 2015, Kapal SS-2 ditangkap KRI Teuku Umar dan diamankan ke dermaga Lanal Sabang. Kapal SS-2 ditangkap beserta barang bukti muatan ikan sebanyak 1.930 ton. Yotin Kuarabiab beserta ABK berkewarganegaraan Thailand yang berjumlah 18 orang ikut diamankan.

Susi menduga Yusril Ihza Mahendra tidak mengetahui sepak terjang dari SS-2, sehingga membuatnya mau menerima tawaran menjadi kuasa hukum. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)