sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Sport » FBI Buru Sepp Blatter Terkait Kasus Suap

FBI Buru Sepp Blatter Terkait Kasus Suap



Washington – Sepp Blatter selaku Presiden non-aktif FIFA diberitakan masuk dalam daftar buronan Federal Bureau of Investigation (FBI) Amerika Serikat (AS) terkait kasus suap yang melibatkan uang sebesar USD 100 juta atau setara dengan Rp 1,384 triliun.

FBI Buru Sepp Blatter Terkait Kasus Suap

Seperti dilansir dari BBC (Senin, 7/12/2015), pria asal Swiss tersebut menerima suap dari beberapa perusahaan olahraga, termasuk mantan Presiden FIFA sekaligus pendahulunya, Joao Havelange dan Anggota Komite Eksekutif FIFA, Ricardo Teixeira untuk memuluskan hak siar televisi pada dekade 1990-an.

Pada laporan itu, Havelange yang menjadi ketua FIFA periode 1974 hingga 1998 menyebut bila Blatter mengetahui “seluk beluk” bisnis tersebut. Laporan itu kemudian diminta FBI kepada otoritas dari Swiss. Petinggi FIFA berusia 79 tahun ini menolak menanggapi kasus ini lebih jauh. Blatter sendiri kini tengah menghadapi sanksi bersama Presiden Konfederasi UEFA, Michel Platini dari Komite Etik FIFA dalam kasus dana siluman pada 2011 lalu.

Media Inggris tersebut kemudian melaporkan jika sebenarnya kasus tersebut adalah kasus lama. Blatter sendiri telah menjalani persidangan dengan Komite Etik FIFA pada 2013 lalu. Namun, Komite Etik memutihkan kasus tersebut karena Blatter tidak sadar mendapat suap.

Blatter sendiri terpilih dalam Kongres Luar Biasa pemilihan Ketua Umum FIFA pertengahan tahun ini. Namun, tidak lama kemudian, Blatter mengundurkan diri dari jabatannya karena institusi pimpinannya tersangkut korupsi dan kasus pencucian uang. Borok itu terungkap setelah pejabat FIFA ditangkap di Swiss saat Kongres. (Yayan – sisidunia.com)