Home » News » Langgar Teritorial, Kapal Indonesia Ditenggelamkan oleh Papua Nugini

Langgar Teritorial, Kapal Indonesia Ditenggelamkan oleh Papua Nugini



Manado – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, telah menandatangani pakta kerja sama antara Indonesia dan Papua Nugini, yang dilaksanakan di CTI-CFF Jalan AA Maramis Kecamatan Mapanget Manado Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (1/12/2015).
Langgar Teritorial, Kapal Indonesia Ditenggelamkan oleh Papua Nugini
Penandatanganan tersebut dilakukan sebagai bagian dari acara workshop regional yang membahas tentang Undang-undang Fishing. Acara yang digelar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini bertajuk “Joint Communique and The 1st Regional on Combating IUU Fishing and Sustainable Exercise”.

“Kemarin ada kapal berbendera Indonesia ditembak oleh Papua Nugini, ya gak apa-apa,” terang Menteri Susi dalam jumpa pers yang didampingi oleh Ambassador of Papua New Guinea, Peter Ilau.

Susi melanjutkan bahwa dirinya “fine-fine saja” dengan kejadian itu karena ternyata, yang ditembak oleh otoritas Papua Nugini adalah kapal asing berbendera Indonesia.

“Dulu di Indonesia juga waktu Januari, kita ledakan dua kapal berbendera Papua Nugini. Ambassador Peter Ilau bilang silahkan itu bukan kapal kami,” tutur Susi lagi.

Menurut Susi, memang banyak kapal asing yang datang dari berbagai negara yang menggunakan kedok bendera Indonesia ataupun Papua Nugini untuk mencuri ikan di wilayah perairan di kedua negara ini.

Intinya kita ingin bekerjasama untuk menjaga laut kita untuk generasi-generasi yang akan datang,” tandas Susi. (Deni Suroyo – sisidunia.com)