Home » Gaya Hidup » Apa Benar Begadang Tidak Baik Untuk Kesehatan ? Cek Jawabannya Disini

Apa Benar Begadang Tidak Baik Untuk Kesehatan ? Cek Jawabannya Disini



Jakarta – Bagi sebagian orang, begadang atau terjaga hingga larut malam merupakan aktivitas yang menyenangkan. Ada pula yang begadang karena tuntutan pekerjaan ataupun pengaruh gaya hidup dan pergaulan. Namun terlalu banyak begadang ternyata tidak baik untuk kesehatan, lantas bagaimana cara menjaga kesehatan dan kebugaran untuk orang yang sering begadang?

Apa Benar Begadang Tidak Baik Untuk Kesehatan ? Cek Jawabannya Disini

Normalnya, setiap orang memiliki ritme sirkadian atau irama tubuh yang berbeda. Ritme inilah yang memberi indikato kebutuhan akan tidur ataupun makan.

Ritme sirkadian bisa juga disebut waktu biologis tubuh untuk beraktivitas yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Misalnya pada malam hari kita akan merasa ngantuk karena mata menerima lebih sedikit cahaya yang membuat produksi hormon melatonin meningkat.

Ketika begadang, ritme sirkadian juga akan memengaruhi metobolisme tubuh, yang akhirnya membuat tubuh terasa tidak fit. Selain itu malam hari merupakan waktu terbaik untuk regenerasi sel.

Sebaiknya memang rutinitas begadang harus dikurangi. Namun jika karena tuntutan pekerjaan, usahakan kebutuhan tidur Anda 6-7 jam per hari tercukupi. Jangan lupa untuk berolahraga rutin untuk menjaga kebugaran, perbanyak konsumsi makanan dengan giji berimbang seperti sayuran dan buah, serta minum air putih minimal 2 liter per hari. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)