sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Untuk Membeli 10 Persen Saham Freeport, Indonesia Harus Siapkan Dana Rp 26 Triliun

Untuk Membeli 10 Persen Saham Freeport, Indonesia Harus Siapkan Dana Rp 26 Triliun



Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara, belum lama ini mencoba melakukan perhitungan tentang dana yang harus dikeluarkan Pemerintah Indonesia bila berniat membeli saham PT Freeport Indonesia.
Untuk Membeli 10 Persen Saham Freeport, Indonesia Harus Siapkan Dana Rp 26 Triliun
Dari perhitungan tersebut, untuk membeli “hanya” 10,64 persen saham dari Freeport, maka Indonesia harus mengeluarkan biaya sebesar USD 2 miliar, atau setara dengan Rp 26 triliun.

“Sekarang harganya USD7,84 per share (Rp100.920 per saham)‎. Pada 2012 harganya pernah USD60 per share. Jadi sekarang sudah sangat rendah, jadi kalau sekitar 10 persen (saham Freeport), itu sekitar USD2 miliar,” ungkap Marwan dalam acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (5/12/2015).

Marwan melanjutkan bahwa untuk membeli saham tersebut, pemerintah tak harus menggunakan APBN, ataupun uang dari BUMN. Pasalnya, pemerintah bisa saja mendapatkan uang dari ganti rugi Freeport atas kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas penambangan di sana. (Deni Suroyo – sisidunia.com)