Home » Gaya Hidup » Inilah Manfaat Mengajari Anak Berenang Sejak Dini

Inilah Manfaat Mengajari Anak Berenang Sejak Dini



Jakarta – Berenang merupakan salah satu aktivitas olahraga yang juga bisa berfungsi untuk kegiatan rekreasi dan refreshing bagi keluarga. Namun demikian, para orang tua kerap kali takut dan ragu mengajak buah hatinya berenang, terutama bila usianya masih sangat dini.
Inilah Manfaat Mengajari Anak Berenang Sejak Dini
Ternyata, mengajarkan anak untuk berenang sejak dini memiliki manfaat tersendiri. University of Science and Technology di Norwegia telah melakukan sebuah studi untuk melihat perbedaan antara bayi yang sudah diajarkan berenang dengan bayi yang tidak.

Hasilnya, bayi yang sudah diajarkan berenang mampu berinteraksi dengan objek-objek di sekitarnya dengan lebih mudah. Selain itu, bayi yang sudah diajarkan berenang memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak.

Dari penelitian itu, didapatkan rumusan bahwa mengajarkan berenang kepada bayi sejak dini bisa memberikan manfaat seagai berikut:

1. Menyehatkan badan

2. Merangsang gerakan motorik

3. Merangsang pertumbuhan syaraf-syaraf tepi

2. Membantu perkembangan otot-otot bayi

3. Membantu pertumbuhan persendian secara optimal

4. Meningkatkan pertumbuhan badan

5. Mengasah keberanian, kemandirian dan percaya diri

6. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan meningkatkan kemampuannya bersosialisasi dengan orang lain

Tentunya, orang tua harus senantiasa mendampingi si buah hati selama latihannya. Karena, kedekatan antara orang tua dan anak merupakan faktor utama yang mendukung perkembangan si kecil. (Deni Suroyo – sisidunia.com)