Home » Gaya Hidup » Apa Hukumnya Bagi Muslim Yang Ingin Memelihara Anjing ?

Apa Hukumnya Bagi Muslim Yang Ingin Memelihara Anjing ?



Jakarta – Bagi sebagian orang, anjing adalah hewan peliharaan yang lucu dan pintar. Namun dalam hukum Islam, anjing masuk dalam kategori hewan najis, hal inilah yang masih sering diperdebatkan, apakah seorang muslim boleh memelihara anjing?

Apa Hukumnya Bagi Muslim Yang Ingin Memelihara Anjing ?

Kebanyakan ulama melarang atau mengharamkan memelihara anjing tanpa maksud tertentu atau hanya untuk dijadikan hiburan. Sementara ada beberapa ulama yang membolehkan memelihara anjing asalkan untuk keperluan yang jelas.

Imam Nawawi mengungkapkan pandangannya dalam kitab Al Majmu Syarah Al Muadzab, bahwasanya umat Islam dibolehkan memelihara anjing untuk keperluan berburu, menjaga ternak, ataupun menjaga rumah. Selain untuk keperluan tersebut, dilarang memelihara anjing.

Namu hal tersebut juga masih sering diperdebatkan, bahkan ada sebagian ulama yang mengatakan memelihara anjing bagi orang Islam hukumnya mubah. Pasalnya, walaupun air liur anjing itu najis, tapi bisa disucikan. Misalkan Anda memelihara anjing dan terkena liurnya tiap hari, maka Anda bisa mensucikannya dengan air dan tanah. Masalah haram, hanya daging anjing yang diharamkan untuk dikonsumsi.

Jika Anda ingin memelihara anjing, berikut saran dan tips yang bisa dilakukan:

– Pastikan kandang anjing terpisah dari rumah Anda. Hal ini untuk menghindari air liur dan kotoran anjing mengenai perabotan rumah Anda dan membuatnya menjadi najis.

– Jika terkena air liur anjing, pastikan untuk mencuci dengan air dan tanah, sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an.

(Rindi Ayunda – sisidunia.com)