Home » News » Rizal Ramli Sebut Kasus Freeport Seperti Pertarungan Antar Geng yang Berebut Kue

Rizal Ramli Sebut Kasus Freeport Seperti Pertarungan Antar Geng yang Berebut Kue



Jakarta – Perlahan namun pasti, persidangan MKD terkait pelobian saham perpanjangan kontrak PT. Freeport Indonesia menemukan titik terang. Kasus ini menguak dua oknum yang terlibat di dalamnya, yakni Ketua DPR RI Setya Novanto dan pengusaha Riza Chalid.

Rizal Ramli Sebut Kasus Freeport Seperti Pertarungan Antar Geng yang Berebut Kue

Menanggapi kasus tersebut, Menko Kemaritiman Rizal Ramli menyebut kisruh penpanjangan kontrak Freeport layaknya kisah sinetron ketika terjadi pertarungan antar geng yang berebut wilayah.

“Saya sudah pernah bilang kalau ini bagaikan sinetron. Kita anggap saja ini kasus perebutan antar geng. Bisa berebut wilayah lah, daging lah, kue lah,” ujar Rizal dengan nada bercanda.

Menurut Rizal Ramli, seharusnya Indonesia bisa mendapat manfaat yang lebih besar dari perpanjangan kotrak Freeport. Tidak seperti saat ini, dimana keuntungan hanya dirasakan oleh beberapa oknum yang terlibat di dalam.

Rizal menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo sejak awal sudah menekankan empat syarat untuk Freeport, yakni terkait pengembangan wilayah di Papua, pembangunan smelter, masalah pembagian royalti, dan divestasi.

Kasus persidangan MKD sendiri masih terus bergulir. Agenda persidangan hari ini ialah mendengar kesaksian dari Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)