Home » News » Keberanian Menteri Susi Berantas Ilegal Fishing Juga Jadi Obrolan Setya Novanto

Keberanian Menteri Susi Berantas Ilegal Fishing Juga Jadi Obrolan Setya Novanto



Jakarta – Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bukti rekaman yang diperdengarkan dalam sidang MKD DPR pada Rabu (2/12) kemarin tidak hanya mengungkap kasus pencatutan nama presiden dan wakil presiden yang dilakukan oleh Ketua DPR Setya Novanto dalam lobi perpanjangan kontrak PT. Freeport Indonesia.

Keberanian Menteri Susi Berantas Ilegal Fishing Juga Jadi Obrolan Setya Novanto

Dalam rekaman tersebut juga terungkap beberapa kasus lain dan menyeret banyak nama menteri hingga Ibu Megawati Soekarnoputri. Selain itu kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak lepas dari sindiran yang keluar dari suara yang diduga Setya Novanto.

Kebijakan Susi untuk menenggelamkan kapal asing penangkap ikan di wilayah perairan Indonesia dianggap berlebihan oleh Setya Novanto dan M. Riza Chalid. Mereka membanding-bandingkan kebijakan ekstrim yang dilakukan Susi dengan kebijakan-kebijakan sebelumnya di era Menteri Kelautan dan Perikanan masih dijabat Syarif Cicip Soetardjo, yang memang tidak terlalu keras dalam menangani kapal asing. Berikut cuplikan percakapannya:

MR: Si Alid, Alidu mau ngomong sama KEN. Sama KEN kan hopeng. Ngomonglah duluan sama Cicip. Dapat ijin nangkap ikan. Beli kapal 10, join ama China, bikinlah KMA. Ada ijin, keluar semua. Kapal sudah datang. Cicip diganti Bu Susi. Sama Bu Susi, kapal asing gak boleh nangkap. Bangkrut dia langsung. Ganti pakai bendera Indonesia kapalnya. Kapal 350 Dwg harus buatan Indonesia. Buatan asing gak boleh beroperasi di sini. Bangkrut langsung. Edan Pak, ini ngaco Pak, gawat ya

SN: Eksport aja berhenti. Megenai di tempatnya Susi semua, banyak gulung-gulung tikar semua.

MR: Enggak cuma situ. Tempat lain juga sama

SN: Iya. Itu presiden gak tahu

(Keterangan: MR: M.Riza Chalid, SN: Setya Novanto)

(Rindi Ayunda – sisidunia.com)