Home » News » Tak Memiliki Ijin, Pemerintah Italia Tutup 800 Masjid

Tak Memiliki Ijin, Pemerintah Italia Tutup 800 Masjid



Roma – Pasca serangan teroris di Paris, Perancis, sejumlah negara di Benua Eropa mulai memperketat keamanan, termasuk mempertegas aturan terkait perizinan rumah ibadah. Hal tersebut juga dilakukan oleh Italia yang tak mau kecolongan dengan aksi teror seperti yang terjadi di Perancis.

Tak Memiliki Ijin, Pemerintah Italia Tutup 800 Masjid

Selain memperketat pengamanan, Perdana Menteri Matteo Renzi juga mengungkap bahwa pemerintah Italia mulai mempertegas sejumlah peraturan, salah satunya terkait perizinan rumah ibadah.

Jumat (27/11) kemarin, Menteri Dalam Negeri Angelino Alfano mengumumkan dalam waktu dekat ini akan menutup sejumlah rumah ibadah yang tak dilengkapi izin, khususnya masjid.

“Saat ini di Italia terdapat empat masjid besar dan sekitar 800 tempat ibadah umat muslim. Kedepannya, tempat ibadah yang tidak dilengkapi perizinan terpaksa ditutup,” ujar Angelino.

Menurut Angelino, diperketatnya peraturan terkait izin rumah ibadah merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan memberlakukan langkah ini, diharapkan tugas pemerintah untuk menjaga masjid dan rumah ibadah resmi jadi lebih ringan dan fokus.

Angelino melanjutkan, ditegakkannya aturan ini sama sekali tidak berniat untuk membatasi hak umat muslim di Italia untuk beribadah. Hanya saja peraturan tetap harus ditegakkan.

Sementara itu di lain pihak Amerika Serikat telah berulang kali mewanti-wanti Italia agar waspada terhadap serangan teroris. Pasalnya, Italia juga menjadi salah satu negara yang tergabung dalam koalisi antiteror di Suriah. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)