Home » News » Memanas, Presiden Turki Peringatkan Rusia untuk Tidak Bermain Api

Memanas, Presiden Turki Peringatkan Rusia untuk Tidak Bermain Api



Ankara – Hubungan Turki dan Rusia kian memburuk akhir-akhir ini. Yang terbaru, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, memperingatkan Rusia untuk tidak bermain api.
Memanas, Presiden Turki Peringatkan Rusia untuk Tidak Bermain Api
Komentar Presiden Erdogan tersebut disampaikannya dalam pidato di Bayburt, Turki bagian timur laut. Erdogan mengatakan bahwa Rusia mencoba bermain api dengan melakukan serangan kepada kelompok-kelompok militan yang kontra terhadap Presiden Suriah, Bashar al-Assad, dengan dalih memerangi ISIS. Padahal, meski menentang rezim Al-Assad, kelompok tersebut juga membantu memerangi ISIS.

Selain memerangi ISIS, Erdogan menuduh bahwa Rusia juga membantu Al-Assad untuk semakin menancapkan rezim otoriternya di Suriah. Yang menjadi korban jelas adalah masyarakat kecil yang berada di tengah-tengah konflik nasional tersebut.

Kantor berita Turki bahkan melaporkan bahwa pada Rabu lalu (25/11/2015), Rusia telah menyerang konvoi bantuan dari Turki yang sedang melintasi wilayan di perbatasan Turki-Suriah. Bantuan yang sejatinya ditujukan untuk salah satu kelompok penentang Al-Assad tersebut hancur berantakan, serta menewaskan tujuh orang dan melukai 10 orang lainnya.

Pihak Rusia sendiri semakin meradang setelah pesawat tempur Turki menembak jatuh pesawat tempur Rusia pada Selasa (24/11/2015) kemarin. Rusia mengancam bahwa kejadian tersebut bisa mengancam hubungan diplomasi diantara keduanya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)