Home » Gaya Hidup » Awas, Asap Rokok Bisa Mengganggu Tumbuh Kembang Anak dan Kreatifitasnya

Awas, Asap Rokok Bisa Mengganggu Tumbuh Kembang Anak dan Kreatifitasnya



Jakarta – Rokok telah diketahui memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan, bukan hanya untuk perokoknya, namun juga orang-orang di sekitarnya yang ikut terpapar oleh asap rokok tersebut. Temuan terbaru bahkan mengatakan bahwa asap rokok bisa mempengaruhi perkembangan otak anak.
Awas, Asap Rokok Bisa Mengganggu Tumbuh Kembang Anak dan Kreatifitasnya
Spesialis anak, dr. Jusli Aras mengatakan bahwa pertumbuhan anak, khususnya perkembangan otaknya, dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Salah satu aspek yang mampu mempengaruhi pertumbuhan otak tersebut adalah asap rokok.

Anak yang sering terpapar asap rokok di usia emas perkembangan otaknya, yakni umur dua sampai tiga tahun, maka akan mengalami hambatan dalam pertumbuhannya.

“Pertumbuhannya tidak optimal,” ucap Jusli.

Hasilnya, tentu saja adalah anak akan menjadi sulit mengerti sesuatu, lambat dalam menangkap pelajaran, tidak bisa fokus, atau bahkan mengalami gangguan perilaku serta fisik.

Selain mengganggu perkembangan otak, satu ancaman lain yang bisa diperoleh anak atau bayi di usia tersebut adalah gangguan pernafasan. Asap rokok dapat memicu terjadinya radang paru, pneumonia, atau alergi yang biasa disebut asma. (Deni Suroyo – sisidunia.com)