Home » Techno » WordPress Kini Berstatus Open Source dan Gunakan JavaScript

WordPress Kini Berstatus Open Source dan Gunakan JavaScript



Jakarta – WordPress kini hadir dengan wajah baru, bahkan pondasi platform blogging tersebut kini diubah dari PHP menjadi bahasa pemrogaman JavaSript.

WordPress Kini Berstatus Open Source dan Gunakan JavaScript

Menariknya Automattic selaku pembuat platform blogging ini merilis kode-kode Calypso sebagai open source. Calypso sendiri merupakan proyek yang mereka kembangkan selama 20 bulan dan bertujuan membuat WordPress lebih relevan dengan menghadirkan pemrosesan data secepat kilat dan mendukung akses lewat smartphone.

Seperti dilansir dari TechCrunch (Kamis, 26/11/2015), untuk mewujudkannya mereka akhirnya meninggalkan PHP dan MySQL, serta membangun ulang program dengan JavaScript serta beberapa API tertentu.

Dengan adanya modifikasi ini, pengguna dapat mengakses alamat web dengan lebih cepat berkat Single Page Applications (SPAs). Dengan kata lain pengguna tidak akan menemukan banyak loading.

Developer juga bisa melihat dan memanfaatkan kode-kode Calypsi yang telah dirilis open source. Asalkan masih dalam koridor GNU General Public License version 2. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)