Home » News » Ridwan Kamil : “Kalau Habib Rizieq Bercanda, Ya Tidak Lucu”

Ridwan Kamil : “Kalau Habib Rizieq Bercanda, Ya Tidak Lucu”



Bandung – Ridwan Kamil selaku Wali Kota Bandung angkat bicara mengenai ucapan petinggi Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab yang menghina budaya Sunda. Ridwan pun menyesali tindakan Rizieq tersebut.

Ridwan Kamil : "Kalau Habib Rizieq Bercanda, Ya Tidak Lucu"

Rizieq dinilai menghina budaya Sunda dengan mengganti salam “sampurasun” menjadi “campur racun”. Video berdurasi 43 detik itu di-posting oleh pemilik akun bernama Muhammad Nazar pada 14 November.

“Saya cuma dengar berita dari Angkatan Muda Siliwangi (AMS). Tidak semestinya kultur yang ada di Nusantara dijadikan bercandaan yang tidak pada tempatnya. Kalau Habib Rizieq bercanda, ya tidak lucu,” kata Emil, sapaan akrabnya, di kawasan Gedebage, Bandung (Rabu, 25/11/2015).

Emil kemudian meminta Rizieq untuk segera meminta maaf mengenai candaannya tersebut.

“Kalau niatnya cuma buat guyon, itu bukan pada tempatnya. Jadi, saya harap Habib Rizieq meminta maaf ke masyarakat Sunda,” katanya.

Selain itu Emil juga membantah jika salam sampurasun telah menggantikan salam agama Islam.

“Tidak juga, kalau pidato, ada assalamualaikum, salam sejahtera untuk Kristiani, om swastiastu buat umat Hindu. Nah, sampurasun untuk lokal. Islam kan rahmatan lil alamin. Seharusnya tetap memberi ruang hal yang baik,” ucapnya. (Yayan – sisidunia.com)