Home » Gaya Hidup » Awas, Tidur Dengan Hewan Peliharaan Tidak Baik Untuk Kesehatan

Awas, Tidur Dengan Hewan Peliharaan Tidak Baik Untuk Kesehatan



Arizona – Banyak orang yang terlalu sayang dengan hewan peliharaannya hingga sampai tidur sekamar dengan mereka.

Awas, Tidur Dengan Hewan Peliharaan Tidak Baik Untuk Kesehatan

“Umumnya, orang yang memiliki hewan peliharaan, terutama anjing atau kucing, cenderung membiarkan hewan peliharaan mereka tidur sekamar di malam hari. Entah para hewan tidur di lantai atau di ranjang, namun kehadiran mereka bisa membuat kualitas tidur Anda menurun,” kata Dr Lois Krahn, spesialis tidur dan psikiatri di Mayo Clinic di Scottsdale, Arizona.

“Suara, gerakan, bau, dan alergen yang ditimbulkan oleh hewan peliharaan dapat mengganggu tidur,” lanjut Dr Krahn.

Demi mengetahui bagaimana hewan-hewan peliharaan memengaruhi tidur para responden yang berjumlah 150 orang, dilakukanlah penelitian di enter for Sleep Medicine di Mayo Clinic di Arizona.

Hampir setengah dari peserta, sekitar 74 orang, memiliki hewan peliharaan, dan 31 orang lainnya memiliki hewan peliharaan yang cukup banyak di rumah mereka.

Responden ditanyai tentang kebiasaan tidur hewan peliharaan dan faktor lingkungan lain.

Hasilnya, 30 persen responden mengaku mengalami gangguan tidur yang berhubungan dengan perilaku hewan peliharaan di kamar tidur, seperti berkeliaran, mendengkur, berkemih, merintih dan kejang.

Meski tak sampai setengah dari responden yang mengalami gangguan tersebut, temuan ini menunjukkan, bahwa kesulitan tidur sangat mungkin disebabkan oleh kehadiran hewan peliharaan di kamar tidur. (Yayan – sisidunia.com)