Home » Gaya Hidup » Simak Tips Membeli Rumah Untuk Yang Bergaji Pas-pasan

Simak Tips Membeli Rumah Untuk Yang Bergaji Pas-pasan



Jakarta – Memiliki rumah sendiri pastinya menjadi bagian dari mimpi setiap orang. Mempunya rumah sendiri berarti belajar untuk hidup secara mandiri dengan tidak lagi bergantung kepada orang tua.

Simak Tips Membeli Rumah Untuk Yang Bergaji Pas-pasan

Namun memiliki rumah sendiri tidaklah mudah. Anda harus merencanakan dengan matang terkait uang muka dan cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya. Terutama jika gaji Anda, maaf, pas-pasan.

Dengan asumsi cicilan perbulannya maksimum 30 persen dari gaji, Anda disarankan untuk mengambil cicilan jangka panjang lewat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank saat pembelian rumah dengan kisaran 15 tahun-20 tahun. Semakin lama jangka cicilannya maka semakin kecil nominal rupiah yang perlu dibayarkan tiap bulan.

Sebelum mengajukan KPR ke Bank, cobalah untuk melakukan percobaan degan menyisihkan dana sebesar Rp 500.000 hingga 800.000 selama 4 hingga 5 bulan ke depan.

Ketahuilah berapa besaran DP yang diminta oleh pihak Bank. Biasanya pihak Bank akan meminta DP sekitar 30 persen dari harga rumah yang akan dikredit. Itulah mengapa Anda perlu menyiapkan dana yang cukup besar untuk melakukan DP sebagai tanda jadi bahwa Anda benar-benar ingin membeli rumah tersebut.

Juga sangat penting untuk mengetahui berapa kenaikan harga properti di daerah yang Anda tuju untuk membeli rumah, hal ini bisa dijadikan pertimbangan untuk mempersiapkan uang muka. Kenaikan harga properti dapat meningkat sampai 15 persen-20 persen tiap tahunnya. (Yayan – sisidunia.com)