Home » Techno » Inilah Cara Mengatasi Serangan Cyber

Inilah Cara Mengatasi Serangan Cyber



Jakarta – Indonesia merupakan salah satu negara yang rentang menerima serangan cyber oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab.

Inilah Cara Mengatasi Serangan Cyber

Sebagai negara ketiga tertinggi rata-rata pemakaian internet di kawasan Asia Tenggara, para pelaku kejahatan cyber pasti tergiur untuk beraksi di Indonesia.

Chairman CISSReC (Communication and Information System Security Research Center, Pratama Persadha, menjelaskan kepada awak media cara untuk menghadapi serangan cyber oleh para hacker.

Pratama menjelaskan, model serangan penyadapan seluler adalah salah satu yang paling sering terjadi. Upaya penyadapan ini menggunakan dua metode, yaitu Lawful Intercept dan Tactical Intercept. Lawful intercept merupakan penyadapan legal yang bekerjasama dengan provider. Sedangkan tactical intercept adalah penyadapan lewat udara atau on the air (OTA) dengan membuat Base Transceiver Station (BTS) bayangan maupun hanya melakukan intersep di BTS terdekat.

Langkah pertama untuk menghadapinya adalah tidak menggunakan telepon sebagai sarana komunikasi yang bersifat rahasia dan penting. Bila terpaksa, upayakan menggunakan tambahan enkripsi. Sehingga para peretas ini tak bisa membaca isi informasi maupun percakapan.

Sementara itu untuk jenis serangan seperi peretasan data dan email seperti phishing, kejahatan perbankan online, pemalsuan kartu kredit, hacking, dan seterusnya, cara yang paling mudah dan murah adalah mengganti password secara berkala, seminggu atau sebulan sekali. Selamat mencoba. (Yayan – sisidunia.com)