sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Jangan Remehkan Bau Badan, Bisa Jadi Itu Tanda Penyakit

Jangan Remehkan Bau Badan, Bisa Jadi Itu Tanda Penyakit



Jakarta – Sebagian besar orang masih menganggap remeh perihal bau badan kurang sedap. Padahal ahli kesehatan telah mengungkap adanya keterkaitan antara bau badan dengan kesehatan.

Jangan Remehkan Bau Badan, Bisa Jadi Itu Tanda Penyakit

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa bau badan bisa menjadi sinyal adanya penyakit dalam tubuh manusia. Misalnya penderita diabetes terkadang memiliki napas yang beraroma seperti apel busuk dan keringat yang baunya menyengat.

Uji coba terkait pernah dilakukan oleh Karolinska Institutet di bawah pimpinan Mats Olsson. Mereka mencoba membuktikan apakah manusia dapat mendeteksi penyakit dari bau badan.

Percobaan dilakukan dengan menyuntikkan lipopolosakarida (LPS) ke delapan orang sehat. LPS sendiri merupakan racun yang mampu meningkatkan respon imun, sementara delapan orang lainnya disuntikkan larutan garam. Kemudian dua kelompok ini mengenakan kaos ketat untuk menyerap keringat selama 4 jam.

Disiapkan juga kelompok terpisah yang terdiri dari 40 orang untuk mencium aroma keringat dari sampel. Hasilnya, kaos dari kelompok LPS memiliki bau yang lebih tajam dan tidak menyenangkan. Hal tersebut menunjukkan adanya keterkaitan antara bau badan dengan penyakit di dalam tubuh.

Ya, meskipun belum cukup signifikan, penelitian ini mampu menunjukkan bau keringat bukanlah hal yang bisa disepelekan karena bisa digunakna untuk mendeteksi penyakit. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)