Home » News » Bukannya Selidiki Setya Novanto, MKD Malah Persoalkan Pelaporan Sudirman Said

Bukannya Selidiki Setya Novanto, MKD Malah Persoalkan Pelaporan Sudirman Said



Jakarta – Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang berharap Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dapat membongkar kelakuan ‘nakal’ yang diduga dilakukan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Bukannya Selidiki Setya Novanto, MKD Malah Persoalkan Pelaporan Sudirman Said

Ketua MKD Surahman Hidayat

Namun alih-alih menyelidiki Setya Novanto, MKD malah mempertanyakan legalitas Menteri ESDM Sudirman Said sebagai pihak pelapor dugaan pencatutan nama Presiden dan Wapres.

Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rapat pleno MKD yang membahas kasus ini.

“Kita masih perlu opini pakar terkait legal standing pelapor dalam bab 4 pasal 5 tata beracara MKD. Dalam rapat tadi belum disepakati,” ungkap Ketua MKD Surahman Hidayat dalam jumpa pers.

Bab 4 pasal 5 tersebut membahas tentang pihak yang bisa melapor ke MKD, diantaranya Pimpinan DPR, Anggota, atau Masyarakat. Sementara MKD mempermasalahkan status Sudirman Said sebagai seorang Menteri, yang tidak tercantum dalam pasal tersebut.

Di lain pihak, Wakil Ketua MKD Junimart Girsang tak bisa menyembunyikan kekecewaan terkait hasil rapat pleno yang digelar Selasa (24/11) sore tadi.

Menurut Junimart, seharusnya MKD tidak perlu mempermasalahkan legal standing seorang pelapor. Dalam bab 4 pasal 5 sudah tertera jelas bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk melaporkan anggota DPR yang telah melakukan pelanggaran kode etik. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)