Home » News » Sidang MKD Terkait Kasus Setya Novanto akan Dilangsungkan Secara Terbuka

Sidang MKD Terkait Kasus Setya Novanto akan Dilangsungkan Secara Terbuka



Jakarta – Belasan ribu orang menandatangani sebuah petisi untuk mendesak agar sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait kasus yang menimpa Ketua DPR, Setya Novanto, dilangsungkan secara terbuka.
Sidang MKD Terkait Kasus Setya Novanto akan Dilangsungkan Secara Terbuka
Salah satu yang mendukung petisi tersebut adalah Wakil Ketua MKD Junimart Girsang.

“Sejak awal saya ditunjuk menjadi anggota dan salah satu pimpinan di MKD, saya sudah menyarankan agar semua sidang di MKD itu harus terbuka, kecuali menyangkut asusila. Jadi saya sudah punya komitmen dari awal tentang itu,” ujar Junimart kepada wartawan, Senin (23/11/2015) pagi tadi.

MKD sendiri akan mengadakan rapat internal pada Senin siang ini untuk menentukan bagaimana kelanjutan “kasus pencatutan nama Presiden dan Wapres dalam kontrak Freeport serta dugaan permintaan saham kepada Freeport”. Penentuan apakah sidangnya nanti akan dilakukan secara terbuka atau tertutup juga akan dilakukan pada rapat tersebut.

“Tentu dalam rapat nanti. Kita sampaikan dasar-dasar mengapa kita mengajukan sidang harus terbuka untuk umum,” lanjut Junimart.

Secara pribadi, Junimart yakin bahwa sidang MKD terhadap Setya Novanto tersebut bisa dilaksanakan secara terbuka.

“Kecuali nanti ada alasan tertentu dari anggota atau pimpinan yang betul-betul rasional. Tetapi menurut saya tidak ada alasan untuk tertutup,” tandasnya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)