sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Dengan Cara Inilah ISIS Menghimpun Dana untuk Biayai Aksi Terornya

Dengan Cara Inilah ISIS Menghimpun Dana untuk Biayai Aksi Terornya



Damaskus – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) disebut-sebut merupakan kelompok teroris terkaya di dunia saat ini. Hal tersebut disebabkan oleh sumber penghasilan ISIS yang begitu banyak dan luas sehingga dana perang mereka seakan-akan tidak pernah ada habisnya.
Dengan Cara Inilah ISIS Menghimpun Dana untuk Biayai Aksi Terornya
Seperti dilansir dari Haaretz, (Senin, 16/11/2015), di kawasan Suriah, ISIS berhasiol mengendalikan delapan ladang minyak yang berlokasi di Provinsi Raqqa dan Deir el-Zour. Di wilayah Irak, kelompok radikal ini menguasai empat ladang minyak di Provinsi Saladin.

Pada akhir 2014 lalu, PBB memperkirakan bahwa ISIS mampu meraup USD 1,6 juta, atau setara dengan Rp 21,9 miliar, per hari dari penjualan minyak secara ilegal di pasar gelap.

ISIS juga melakukan kegiatabn jual-beli benda-benda bersejarah atau artefak kuno yang mereka dapatkan selama melakukan perluasan wilayah di Irak maupun Suriah. Benda-benda yang sebelumnya dilindungi oleh pemerintah dan dimuseumkan tersebut dijarah oleh ISIS dan digunakan sebagai sumber keuangannya di pasar gelap.

Belum jelas berapa perolehan dana yang didapat ISIS melalui penjualan benda-benda kuno tersebut. Namun melihat usia benda tersebut yang berada di kisaran 3000 tahun, tentunya nilai jualnya bisa mencapai jutaan dolar AS. (Deni Suroyo – sisidunia.com)