Home » News » AS-565 MBe Panther, Helikopter Anti Kapal Selam yang akan Dibeli TNI AL

AS-565 MBe Panther, Helikopter Anti Kapal Selam yang akan Dibeli TNI AL



Jakarta – TNI Angkatan Laut (AL) dilaporkan sedang berniat untuk mendatangkan helikopter anti-kapal selam. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan TNI AL untuk mengamankan perairan Nusantara.
AS-565 MBe Panther, Helikopter Anti Kapal Selam yang akan Dibeli TNI AL
Rencana pembelian tersebut pun sudah mulai menjadi perhatian dunia. Media Barat bahkan sempat membahas bahwa TNI AL akan segera membeli helikopter AS-565 MBe Panther.

“Skuadron penerbangan, bernama Skuadron Udara 100, akan dibangun untuk memberi dukungan operasional terhadap armada baru 11 heli anti-kapalselam berupa AS-565 MBe Panther,” demikian yang diberitakan oleh The Diplomat, Minggu (21/6/2015).

Meski rencana ini sudah tercium media sejak pertengahan tahun 2015 lalu, belum jelas kapan TNI AL akan mulai bergerak merealisasikan rencananya.

Adapun saat ini, pembentukan Skuadron Udara 100 tersebut masih dalam tahap persiapan. Pembentukan skuadron baru tersebut akan resmi dilakukan ketika helikopter buatan Perancis tersebut telah sampai di Tanah Air.

Kedatangan unit-unit pertama helikopter AS-565 MBe Panther direncakan berlangsung pada awal tahun 2016 mendatang. (Deni Suroyo – sisidunia.com)