Home » Gaya Hidup » Shalat Bisa Batal Jika Anda Melakukan Sujud Seperti Ini

Shalat Bisa Batal Jika Anda Melakukan Sujud Seperti Ini



Jakarta – Ketika umat Muslim shalat, ada sebuah gerakan yang melambangkan bentuk ketaatan seorang hamba di hadapan Allah SWT. Gerakan tersebut adalah sujud.

Salat Bisa Batal Jika Anda Melakukan Sujud Seperti Ini

Selain menjadi salah satu rukun shalat, sujud ternyata juga memiliki manfaat menakjubkan jika dikaji dari segi medis. Darah Anda yang kaya akan oksigen akan mengalir maksimal ke otak. Hal tersebut pun berpengaruh terhadap daya pikir manusia.

Namun seperti gerakan shalat lainnya, sujud juga memiliki aturan tersendiri. Lantas bagaimana cara yang benar dalam bersujud?

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu pernah mengatakan: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diperintahkan untuk melakukan sujud dengan bertumpu pada 7 anggota badan. (HR. Bukhari dan Muslim).

“Aku diperintahkan untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan: dahi dan beliau berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliau, dua telapak tangan, dua lutut, dan ujung-ujung dua kaki…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari dua hadits di atas, jelaslah bahwa mereka yang tidak menempelkan dahi dan hidung tidak melakukan gerakan yang benar.

“Tidak ada shalat bagi orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah, sebagaimana dia menempelkan dahinya ke tanah.” (HR. Ad Daruqutni dan At Thabrani dan dishahihkan Al Albani dalam Sifat Shalat, Hal. 142).

Maka berhati-hatilah bagi Anda yang mengenakan peci dan mukenah yang menutupi dahi. (Yayan – sisidunia.com)