Home » Gaya Hidup » Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah



Jakarta – Banyak sekali warung kopi atau makanan yang berbuat “nakal” dengan menyajikan minuman dingin namun dengan es batu yang terbuat dari air mentah.
Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah
Agar terhindar dari bahaya akibat mengkonsumsi air mentah, anda harus bisa membedakan mana es batu yang terbuat dari air matang dan mana yang terbuat dari air mentah.

Chef Indra, Executive Chef Hotel Ibis Mangga Dua, menjelaskan sedikit tentang perbedaan es dari air mentah dan es dari air matang. Berikut ini ulasannya.

1. Es Batu dari Air Mentah

Bila dilihat secara kasat mata, nampak banyak gelembung di dalam es batu tersebut. Hal ini bisa terjadi akibat banyaknya gas yang masih terjebak di dalam air mentah yang kemudian ikut membeku.

Selain itu, bila diamati, es batu dari air mentah cenderung lebih kotor, memiliki aroma yang kurang segar, dan bila dicicipi akan terasa sedikit pahit.

2. Es Batu dari Air Matang

Memiliki gumpalan gas yang lebih sedikit sehingga nampak lebih bening. Umumnya dijual dalam kemasan plastik berupa kubus-kubus kecil, tidak berupa balok besar seperti es air mentah.

Es air matang juga memiliki aroma yang lebih segar, tidak ditemukan kotoran, dan bila dicicipi tidak meninggalkan rasa pahit.

(Deni Suroyo – sisidunia.com)