Home » Sport » Ahok Mencabut Dukungannya, Nasib Rio Haryanto Semakin Tak Jelas

Ahok Mencabut Dukungannya, Nasib Rio Haryanto Semakin Tak Jelas



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), telah mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa memberikan dukungan finansial melalui APBD kepada pembalap Rio Haryanto. Pasalnya, kompetisi balap mobil Formula 1 memiliki sifat komersial.
Ahok Mencabut Dukungannya, Nasib Rio Haryanto Semakin Tak Jelas
Dicabutnya dukungan Ahok kepada Rio ini terjadi setelah turunnya rekomendasi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Enggak boleh ternyata. Kami sudah cek aturan dari BPKP. Balapan yang bersifat komersial tidak diperbolehkan memberikan bantuan dana. Formula ini komersial, itu enggak boleh pakai APBD. Jadi atlet profesional enggak boleh kami bantu,” terang Ahok kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (18/11/2015) lalu.

Menurut Ahok, bantuan yang bisa diberikan kepada Rio hanyalah bersifat promosi.

“Kecuali sifatnya promosi cotohnya Bank Mandiri, Pertamina, itu bagian dari promosi bisa. Atlet profesional itu tak boleh kami bantu. Tadinya kami pikir boleh dengan tunjuk langsung, tahunya nggak boleh,” sambungnya lagi.

Adapun Rio Haryanto merupakan satu-satunya pembalap asal Asia yang memperoleh kesempatan untuk berlaga di kompetisi balap Formula 1. Namun demikian, Rio dan timnya masih kekurangan dana sebesar 15 juta euro. (Deni Suroyo – sisidunia.com)