Home » News » Pesawat Tempur Rusia Inilah yang Paling Ditakuti Oleh ISIS

Pesawat Tempur Rusia Inilah yang Paling Ditakuti Oleh ISIS



Damaskus – Belum lama ini ISIS diserang oleh ‘musuh’ baru dari Rusia. Dia adalah Tupolev Tu-95, pesawat tempur jenis bomber yang dapat dengan mudah meratakan bangunan dalam sekejap.

Pesawat Tempur Rusia Inilah yang Paling Ditakuti Oleh ISIS

Tupolev Tu-95 sebenarnya merupakan pesawat yang sudah cukup tua, mengingat pertama kali dioperasikan pada tahun 1956 di era Uni Soviet. Meski begitu pihak militer Rusia berencana tetap mengoperasikan pesawat ini hingga 2014.

Pesawat yang punya julukan ‘Bear’ atau ‘Beruang’ ini disokong empat mesin berjenis Keznetsov NK-12 yang masih dilengkapi baling-baling dan memiliki kemampuan untuk meluncurkan bom serta misil. Kabarnya Tupolev Tu-95 merupakan jenis pesawat bomber terakhir yang masih menggunakan baling-baling. Kelengkapan senjata didukung AM-23 Autocannon dan misil Raduga Kh-2-, Kh-22 dan Kh-55/101/102

Awalnya Beruang Terbang ditujukan untuk menjatuhkan bom nuklir di era Uni Soviet. Namun kini tugasnya berubah menjadi hanya menjatuhkan bom dan misil.

Selasa (17/11) lalu Tupolev Tu-95 pertama kali ditugaskan untuk membombardir wilayah ISIS di Suriah dengans serangan udara jarak jauh. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)