Home » News » Luhut Pandjaitan Tak Lagi “Ganas” Tanggapi Pencatutan Namanya Dalam Kasus Freeport

Luhut Pandjaitan Tak Lagi “Ganas” Tanggapi Pencatutan Namanya Dalam Kasus Freeport



Jakarta – Pencatutan nama Presiden Joko Widodo terkait negosiasi perpanjangan kontrak PT. Freeport Indonesia mulai mengungkap keterlibatan Ketua DPR Setya Novanto. Kondisi ini sukses menimbulkan kegaduhan baru dalam situasi politik Indonesia.

Luhut Pandjaitan Tak Lagi "Ganas" Tanggapi Pencatutan Namanya Dalam Kasus Freeport

Dugaan adanya pencatutan nama Presiden dan Wapres oleh Setya Novanto makin kuat setelah Menteri ESDM Sudirman Said menyerahkan transkrip rekaman pembicaraan tersebut ke pihak Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Selain pencatutan Presiden dan Wapres, nama Menkopolhukam Luhut Pandjaitan juga berulang kadi terdengar dalam rekaman pembicaraan tersebut. Meski namanya disebut hingga 17 kali dalam transkrip tersebut, Luhut menganggap hal itu sebagai hal yang biasa.

Reaksi datar dari Luhut seolah menunjukkan sikap yang berbeda 180 derajat. Padahal dulu dirinya dikenal sangat vokal untuk melibas segala hal yang membuat kegaduhan di iklim pemerintahan Tanah Air.

Kendati sikapnya kini lebih landai, ia tetap menegaskan bahwa dirinya tidak terlibat dalam urusan negosiasi kontrak baru Freeport. Sementara itu di tempat terpisah Setya Novanto juga membantah habis-habisa perihal pencatutan nama Presiden yang dituduhkan padanya.

Lantas apakah ada kaitan perbedaan sikap yang ditunjukkan Luhut dengan keterlibatannya dalam kasus ini? (Rindi Ayunda – sisidunia.com)