Home » News » Abdelhamid Abaaoud, Tokoh yang Disebut Sebagai Otak Serangan Teror di Eropa

Abdelhamid Abaaoud, Tokoh yang Disebut Sebagai Otak Serangan Teror di Eropa



Paris – Pihak otoritas Prancis dikabarkan telah menetapkan tersangka utama di balik aksi teror Paris yang terjadi Jumat (13/11) lalu. Adalah Abdelhamid Abaaoud, seorang pria 29 tahun berkebangsaan Belgia, yang dicurigai menjadi otak dari beragam aksi teror di Benua Biru.

Abdelhamid Abaaoud, Tokoh yang Disebut Sebagai Otak Serangan Teror di Eropa

Abaaoud bukan nama baru dalam daftar orang paling dicari di Eropa. Dia merupakan ketua jaringan teroris di Verviars yang telah dibongkar kepolisian Belgia pada Januari lalu.

Beberapa aksi teror yang diotaki Abaaoud yakni serangan teroris di sebuah kereta tujuan Paris dari Amsterdam pada 21 Agustus lalu, serangan teror pada sebuah gereja di Paris dan yang terbaru namanya kembali dikaitkan dalam rangkaian aksi teror yang terjadi di Paris, Jumat (13/11) lalu.

Abaaoud berasal dari Brussels, Belgia. Pada Januari 2014 ia bersama adiknya yang masih 13 tahun berangkat ke Suriah dan mengikuti kamp pelatihan ISIS.

Keluarga Abaaoud sempat mengklaim bahwa dirinya telah tewas, namun polisi meyakini klaim itu palsu.

Bahkan Abaaoud masih sering terlihat di berbagai video dan majalah propaganda yang dirilis ISIS. Nama Abaaoud dikabarkan muncul pada beberapa berkas kepolisian Belgia, bersama Ibrahim Abdeslam yang merupakan salah satu pelaku serangan di Paris. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)