Home » News » TATP, Mother of Satan yang Digunakan oleh Pelaku Pengeboman di Paris

TATP, Mother of Satan yang Digunakan oleh Pelaku Pengeboman di Paris



Paris – Serangan teror dan bom bunuh diri yang terjadi di Paris, Perancis, akhir pekan kemarin telah menewaskan sekitar 200 orang. Penyelidikan terbaru mengatakan bahwa para pelaku menggunakan bahan peledak jenis TATP (triacetone triperoxide).
TATP, Mother of Satan yang Digunakan oleh Pelaku Pengeboman di Paris
Bahan peledak jenis ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga kepolisian maupun militer. Bahkan, TATP memiliki julukannya sendiri, yaitu “Mother of Satan” (Ibu dari Setan).
TATP, Mother of Satan yang Digunakan oleh Pelaku Pengeboman di Paris
TATP adalah jenis bahan peledak yang bisa dengan mudah dibuat di rumah. Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan sangat mudah diperoleh dan biaya pembuatannya pun sangat murah.

Lebih jauh, ternyata bahan peledak yang digunakan di Paris itu sama dengan yang digunakan oleh pelaku teror di Mal Alam Sutera, Tangerang, beberapa waktu yang lalu. Hal ini membuktikan betapa mudahnya membuat Mother of Satan.

Dilansir dari Thefutureofthings, TATP sendiri cukup “populer” di kalangan kelompok militan dan teroris di Timur Tengah selama beberapa dekade terakhir. Bahan peledak ini cukup sulit dideteksi, namun memiliki daya ledak yang mematikan.

Namun demikian, TATP memiliki sifat yang cenderung tidak stabil dan terlalu sensitif. Hal inilah yang menyebabkan bahan yang satu ini tidak digunakan oleh pihak militer atau keperluan komersial lainnya. (Deni Suroyo – sisidunia.com)